Sabtu, 12 Juli 2014

Membuat Tombol di Flash


Modul ini akan membahas tentang bagaimana membuat tombol sesuai dengan keinginan. Macromedia flash sendiri sudah menyediakan tombol yang siap pakai, namun tombol tersebut perlu kita edit agar nama tombol sesuai dengan yang kita inginkan.  Kita juga bisa membuat tombol secara manual. Modul ini akan membahas bagaimana mengedit tombol yang sudah disediakan oleh Macromedia Flash, dan bagaimana cara membuat tombol manual sesuai dengan keinginan.

A.    Mengedit Tombol yang Tersedia di Flash.
1.     Buka Macromedia Flash, kemudian New Document




2.     Pilih Flash Document
3.     Buka Library Button, dengan cara klik menu Window -> common Libraries ->
Buttons. Akan muncul form pilihan tombol






4. Pada modul ini, akan diberikan contoh dengan mengambil Buttons bar capped, tombol bar capped dark blue. Drag (klik kemudian tarik) tombol tersebut ke area stage









5. klik 2 kali gambar tombol tersebut, sehingga akan muncul scene tombol dengan bentuk layer yang berbeda
.




6. Dengan menggunakan text tool, klik frame 1 pada layer text, kemudian klik text yang terdapat di tombol tersebut dan ubah nama enter menjadi home



7. Klik tab scene yang berada diatas untuk kembali ke scene utama.



8. Pada langkah kedelapan dan seterusnya membahas tentang bagaimana cara untuk menduplikat tombol tersebut dan mengubahnya dengan nama yang diinginkan. Klik menu window library. akan muncul form library, dimana library tersebut terdapat tombol yang sudah kita buat.



9. Klik kanan pada bar capped blue, pilih duplikat dan beri nama sesuai dengan nama tombol. Pada modul ini akan dimisalkan tombol SK/KD , klik OK.



10. Untuk mengubah nama tombol, dapat dilakukan dengan langkah yang sama mulai langkah no 5-7.

Semoga Bermanfaat...


















Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support