Selasa, 20 Januari 2015

Membuat Animasi Bola Meluncur

Membuat animasi bola mengglinding di bidang miring cukup mudah, berikut langkah-langkahnya : 

1. Buat dua buah layer, dan beri nama layer bola dan bidang.



1.     Klik kiri frame 1 layer bidang, buat sebuah bidang miring dengan menggunakan garis (Line Tool) di layer bidang frame 1.




1.               Buatlah sebuah bola (klik oval tool) dengan warna radial di layer bola frame 1




1.     Beri none color pada bagian stroke colornya, dan beri warna radial pada bagian fill colornya.



1.     Beri warna radial untuk fill colornya


1.     Posisikan bola berada di bidang miring bagian atas. Dengan menekan tombol CTRL maka bentuk bola akan bulat proporsional.


1.     Ubahlah pencahayaan bola, sehingga sinar pantul akan terlihat berada di kiri bawah, dengan cara klik Gradient Transform tool pada toolbox.




1.     Klik kiri pada bola, sehingga akan tampak seperti gambar disamping.

1.     Posisikan kursor tepat di bagian lingkaran tengah bola. 


1.     Geser ke bagian kiri bawah



1.     Klik selection tool pada bagian toolbox untuk default kursor.



1.     Gradient transform tool yang aktif di bola akan hilang.




1.      Klik kiri pada frame 30 layer bola, pilih insert keyframe. Semakin jauh frame maka akan semakin panjang durasi animasinya.




1.     Klik frame 30 layer bidang, insert frame.


1.     
   Klik kiri frame 30 layer bola, kemudian pindahkan posisi bola di bagian bawah bidang.


1.     Diantara frame 1 sampai dengan frame 30 pada layer bola, klik kanan dan pilih Create Motion Tween

1.     Akan muncul garis yang menghubungkan frame 1 dan frame 20, apabila garis tersebut lurus, maka langkah-langkah sudah benar, apabila garis tersebut putus-putus, maka ada langkah-langkah yang kurang tepat,



Aktifkan properties, dengan cara klik segitiga kecil di bagian paling bawah.


1.     Jendela properties akan muncul.


1. Klik diantara frame 1 sampai frame 30 layer bola, dan plih rotate di bagian propertiesnya.





  • CW : Bola akan searah jarum jam
  • CCW : bola akan berlawanan jarum jam

1.     Pada bagian Ease apabila kita pilih kearah semakin besar ( + ), maka gerakan bola akan melambat, apabila kita pilih semakin kecil ( - ) , maka gerakan bola akan lebih cepat.

2.   Jalankan dengan menekan tombol CTRL + Enter , atau melalui menu, Movie Clip -> Test Movie.

   


Senin, 19 Januari 2015

Menambah dan Menghapus Layer di Flash

Menambahkan Layer dan Menghapus Layer


Seringkali untuk membuat animasi memakai lebih dari 1 layer, bahkan ada yang menggunakan puluhan layer. Bagaimanakah cara untuk menambahkan layer atau menghapus layer ? Berikut langkah-langkahnya :

  A. Menambahkan Layer

           1. Klik Insert Layer seperti gambar dibawah ini  


           2.Sehingga Layer akan bertambah dan tampil seperti gambar di bawah 



B.     Menghapus Layer
Misalkan Layer 2 yang ditambahkan tadi akan dihapus.


1.   Pastikan bahwa Layer yang akan dihapus sudah dipilih, dengan cara klik kiri Layer tersebut.
2.       Pilih ( klik ) gambar tempat sampah yang berada di pojok kanan bawah. 



3.       Layer akan hilang setelah di klik Delete Layer




Rabu, 14 Januari 2015

Wowww.. SD card toshiba bisa mengintip foto


istilah NFC (Near Field Communication) yang sebelumnya banyak di terapkan untuk kamera digital, dan informasi yang terkini adalah dengan adanya SD Card dari Toshiba yang dibekali dengan teknologi NFC tersebut.




Keunggulan dari SD Card Toshiba yang sudah dibekali dengan NFC adalah memungkinkan para penggunanya untuk mengintip foto yang tersimpan dalam SD Card Toshiba tersebut dan tidak hanya itu, pengguna juga bisa melihat kapasitas yang masih tersisa dalam memori tanpa harus memakai Card reader atau memasukkan ke kamera digital.

Caranya pun juga sangat mudah pengguna cukup dengan mendekatkan SD Card Toshiba itu ke smartphone kemudian dengan aplikasi Memory Card Preview,kemudian Smartphone Android yang memang sudah dilengkapi dengan fitur NFC ini akan secara kotomatis menampilkan beberapa thumbnail foto yang terdapat dalam SD Card tersebut, jadi anda bisa melihat apa yang ada dalam SD Card.

Untuk maslaah harga memang belum ada informasi harga secara resmi dari Toshiba sendiri namun untuk SD Card Toshiba NFC ini bakal melucur februari mendatang jadi siap-siap aja untuk memilikinya, farian space memroi yang ada adalah dengan kapasitas 8GB,16GB,dan 32GB, sedangkan untuk aplikasi Android Memory Card Preview bakal tersedia juga di Google Play. Teknologi Terkini dari Toshiba ini di harapkan bakal memperudah para fotografer dalam menggunakan SD Card yang mereka punya.



sumber : http://log.viva.co.id

Jumat, 09 Januari 2015

Bermain Animasi dengan Flash

Animasi ? ehhmm apa itu animasi, dan sulitkah membuat sebuah animasi?,, mari kita sama-sama belajar bagaimana membuat sebuah objek berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Sebelum kita mulai ada beberapa istiliah yang sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu.:





Propertis, suatu cabang perintah dari suatu perintah lain. 
Animasi, sebuah gerakan objek maupun teks yang di atur sedemikian rupa sehingga kelihatan menarik. 
Actions script, suatu perintah yang diletakkan pada suatu frame atau objek agar frame atau objek tersebut   
   dapat di gerakkan secara interaktif. 
Movie clip, suatu animasi yang dapat di gabungkan dengan animasi atau objek yang lain. 
Frame, suatu bagian dari layar yang di gunakan untuk mengatur pembuatan animasi. 
Scene, atau slide adalah suatu layar yang digunakan untuk menyusun objek-objek baik objek teks maupun 
   gambar.
Timeline, bagian yang digunakan untuk menampung layer. 
Masking, perintah yang digunakan untuk menghilangkan isi layer sehingga isi layer tersebut akan tampak saat movie dijalankan. 
Layer, sebuah nama tempat yang di gunakan untuk menampung satu gerakan objek, sehingga jika ingin membuat gerakan lebih dari satu objek sebaiknya di letakkan pada layer tersendiri. 
Keyframe, suatu tanda yang di gunakan untuk membatasi suatu gerakan animasi. 

Disini penulis akan menggunakan Macromedia Flash 8. Ekstensi file yang dapat diedit dalam flash adalah *.fla, untuk ekstensi file yang sudah dicompile adalah *.swf. Trus yang perlu disiapkan dalam pembuatan animasi ini apa sajakah? ??? , kopi atau teh, tapi air putih lebih sehat :D , cemilan, dan sabar,,, heheheh.. Yuuukk mari kita mulai langkah-langkahnya di halaman 2, scroolll… scroolll.. scrolll
     download modul
     download swf
     download fla

Semoga Bermanfaat

Kamis, 25 September 2014

Contoh Judul skripsi jurusan komputer


  1. Rancang Bangun Sistem Informasi Penyusunan Jadwal Penyewaan Lapangan Futsal Berbasis Website Dan Sms Gateway.
  2. Aplikasi Remote Desktop System Menggunakan Spyware Untuk Memonitoring Kegiatan Siswa Di Laboratorium Komputer Di SMK Negeri 1 Pulau Punjung.
  3. Sistem Informasi Geografis Tempat Wisata Di Kabupaten Dharmasraya Berbasis Android.
  4. Sistem Pakar Mendeteksi Kerusakan Handphone Nokia Dengan Metode Forward Chaining.
  5. Software Keylogger Untuk Menyadap Ketikan Menggunakan Visual Basic.Net.
  6. Rancang Bangun Web Toko Online dengan PHP dan J-Query.
  7. Rancang Bangun Aplikasi Undangan Elektronik Berbasis Client Server.
  8. Aplikasi Mobile Device Pengingat Waktu Sholat dan Penunjuk Arah Kiblat Berbasis Android.
  9. Sistem Informasi Iklan Banner dan Iklan Baris Berbasis Web.
  10. Perangkat Lunak Bantu Pengelolaan Simpan Pinjam di Koperasi Kurnia Jamin.
  11. Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Geografis Jalur Rawan Kecelakaan Dan Jalan Rusak Di Kabupaten Dharmasraya Berbasis Web.
  12. Sistem Penjualan Pulsa Elektrik  Semua Operator Berbasis Sms Gateway.
  13. Aplikasi Sms Gateway Untuk Sistem Informasi Penyewaan Lapangan Futsal.
  14. Rancang Bangun Perangkat Lunak Biodata Identifier Berbasis Android.
  15. Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Dana Bantuan Pada Masyarakat Kurang Mampu Di Desa Sikabau Menggunakan Decision Table.
  16. Sistem Pakar Mendeteksi Pelanggaran Ketentuan Kampanye Partai Politik Di Kabupaten Dharmasaya.
  17. Aplikasi Game Angry Bird untuk Mobile Phone Menggunakan Teknologi J2ME.
  18. Rancang Bangun Sistem Absensi Pegawai Di Kabupaten Dharmasraya Menggunakan Rfid (Radio Frequency Identification) Berbasis Microcontroler Atmega 328.
  19. Statistik Traffic Internet Di Kabupaten Dharmasraya.
  20. Auto Shutdown Windows Dengan Visual Basic.Net.

sumber : http://rekkiyuskal.blogspot.com/2013/03/20-contoh-judul-skripsi-jurusan-teknik.html

Rabu, 06 Agustus 2014

Pengenalan Pascal

Bahasa Pemrograman


Bahasa adalah suatu sistem untuk berkomunikasi. Bahasa tertulis menggunakan simbol (yaitu huruf) untuk membentuk kata. Dalam ilmu komputer, bahasa manusia disebut bahasa alamiah (natural languages), dimana komputer tidak bisa memahaminya, sehingga diperlukan suatu bahasa komputer.
Generasi bahasa pemrograman:

Generasi I: machine language

Generasi II: assembly language : Asssembler

Generasi III: high-level programming language: C, PASCAL, dsb.

Generasi IV: 4 GL (fourth-generation language): SQL
  

Input Output dengan Pascal

OPERASI INPUT OUTPUT




Statemen adalah perintah untuk pengerjaan program pascal. Statemen terletak di bagian deklarasi statemen dengan diawali oleh kata cadangan BEGIN dan diakhiri dengan kata cadangan END. Akhir dari setiap statemen diakhiri dengan titik koma [;]. Statemen statemen dalam bahasa Pascal terdiri dari pernyataan yang berupa fungsi dan prosedur yang telah disediakan sebagai perintah standar Turbo Pascal.
Perintah Output
Perintah write dan writeln digunakan untukl menampilkan output di layar. Perintah write digunakan untuk mencetak pada baris yang sama dari beberapa argument. Perintah writeln digunakan untuk mencetak pada satu baris tersendiri dari beberapa Argument. Perintah writeln yang tidak diikuti argument hanya mencetak baris kosong.

Perintah Input
Perintah input Read/Readln  digunakan untuk memasukkan [input] data lewat
keyboard ke dalam suatu variabel. Perbedaan perintah read dan readln sama dengan perbedaan perintah write dan writeln. Perintah read akan membaca masukan dari keyboard tanpa memindahkan posisi kursor  setelah pembacaan, sedangkan perintah readln akan membaca masukan sekaligus memindahkan posisi kursor.

Perintah Output
Perintah write dan writeln digunakan untukl menampilkan output di layar. Perintah
write digunakan untuk mencetak pada baris yang sama dari beberapa argument. Perintah
writeln digunakan untuk mencetak pada satu baris tersendiri dari beberapa Argument. Perintah writeln yang tidak diikuti argument hanya mencetak baris kosong.


Featured Post

Membuat Quiz dengan APP Inventor

Berikut contoh membuat  quiz dengan app inventor klik link -> : membuat quiz app inventor